Sejarah Bahasa Pemrograman Delphi

on Jumat, 07 Desember 2012

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya. Delphi awalnya sebuah proyek penelitian rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut AppBuilder. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980an menggunakan ikon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program yang sudah mengarah ke Pemrograman yang berorientasi pada objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Salah satu tujuan asli dari Delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagai kunci dan sebuah paket database yang populer pada saat itu adalah database Oracle, maka “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, lakukan dengan Delphi”.


Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). Prof. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal. Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ANSI PASCAL (Pascal umum) oleh badan standarisasi Amerika Serikat (ANSI). Kemudian, 20 Nopember 1983, Borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ANSI Pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan compiler Pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1.0. Turbo Pascal 1.0
berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memory yang saat itu bias berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja. Dari penemuan Turbo Pascal inilah akhirnya Delphi diciptakan.

Pada November 2006, Borland mengumumkan keputusan untuk memisahkan Developer Tools Group menjadi milik anak perusahaan yang sepenuhnya berfokus pada produktivitas pengembang memaksimalkan pengembangan Delphi yang diberi nama CodeGear. Pada Mei 2008, Embarcadero Technologies telah menandatangani perjanjian jual beli untuk membeli CodeGear dari Borland. Embarcadero dan CodeGear diharapkan untuk menciptakan terbesar di dunia, penyedia perangkat lunak independen alat pengembangan dan database. Embarcadero sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang dikuasai, memberikan alat-alat database yang profesional perusahaan menggunakan untuk merancang, mengembangkan dan mengelola database. Produk mencakup: ER / Studio, DBArtisan, Rapid SQL dan Perubahan Manager.

Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft.NET framework. Khusus untuk pemrogaman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas obyek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer membuat program untuk aplikasi database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle dan lain-lain Delphi adalah kompiler / penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan Basic dan C. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur.Ada jenis pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan seperti bahasa Prolog.Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah -perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual.Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya.Delphi merupakan bahasa berorentasi objek, artinya nama objek, properti dan methode/procedure dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate).

Perkembangan Delphi
BORLAND DELPHI
Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Selain itu, Delphi juga memberikan fasilitas pembuatan aplikasi visual. Delphi merupakan pilihan dalam pembuatan aplikasi visual karena memberikan produktivitas yang tinggi.

Borland Delphi 1
Delphi 1 dirilis pada 1995 untuk 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD) alat. Delphi 1 adalah penerus Turbo Pascal dan Borland Pascal, sangat cepat sedikit kode asli kompiler-16 dengan canggih perusahaan memiliki lintegrated development environment(IDE) dan toolkit antarmuka pengguna grafis untuk DOS (Borland Pascal ditambah Windows IDE dan kode generasi Windows juga) . Seperti Turbo Pascal, Delphi kode ditulis dalam dialek bahasa pemrograman Pascal yang dikenal sebagai Object Pascal .

Borland Delphi 2
Delphi 2, dirilis pada 1996 , didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows.

Borland Delphi 3 
Delphi 3, dirilis pada 1997 , adalah Delphi klasik. Hal ini didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini juga termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows. 

Borland Delphi 4
Borland Delphi 4 dirilis pada 1998 .

Borland Delphi 5
Borland Delphi 5 dirilis pada 1999 .

Kylix
Pada tahun 2001 sebuah versi Linux dari Delphi, bernama Kylix , dirilis. IDE adalah tergantung pada Wine perpustakaan bukan asli sistem perpustakaan Linux (glibc) untuk mendapatkan produk keluar dengan cepat dan relatif murah. Biaya pengembangan versi glibc Kylix asli, dikombinasikan dengan kurangnya adopsi Linux di kalangan programmer pada saat itu, menyebabkan penjualan untuk pergi lembut, dan Kylix diam-diam ditinggalkan setelah versi 3. Ini adalah usaha pertama untuk menambahkan dukungan Linux dalam keluarga produk Delphi.
Kylix didasarkan pada kerangka lintas-platform baru CLX, VCL bukan sebagai Delphi.

Borland Delphi 6 

Upaya untuk mendukung Linux dan Windows untuk-platform pengembangan lintas dibuat, dan sebuah-platform alternatif yang menyeberang ke VCL dikenal sebagai CLX dikirim pada 2002 dengan merilis Delphi 6. Ini adalah upaya kedua untuk menambahkan Linux dengan keluarga produk Delphi (lihat Kylix di atas).
Delphi 6 termasuk versi CLX sama (CLX 1) sebagai versi pertama dari Kylix disebutkan di atas. Sejak CLX dibuat sebelum Delphi 6, set fitur yang didasarkan pada VCL 5; yang menciptakan beberapa kerugian bagi CLX yang tidak memiliki beberapa fitur dibandingkan dengan VCL 6 dikirimkan dengan Delphi 6.


Borland Delphi 7
Delphi 7, dirilis pada bulan Agustus 2002, menjadi versi standar yang digunakan oleh pengembang Delphi lebih dari versi tunggal lainnya. Ini adalah salah satu keberhasilan paling IDE yang diciptakan oleh Borland karena kecepatan, yang stabilitas dan persyaratan perangkat keras rendah dan masih aktif digunakan untuk tanggal ini (2009). Delphi 7 menambahkan dukungan untuk Windows Theme XP, dan menambahkan lebih banyak dukungan untuk membangun aplikasi Web. Ini juga merupakan versi terakhir dari Delphi yang dapat digunakan tanpa aktivasi.


Borland Delphi 8
Delphi 8, dirilis Desember 2003 , hanya merilis-yang memungkinkan para pengembang untuk mengkompilasi kode Delphi Object Pascal ke bersih . IDE ditulis ulang untuk mengakomodasi untuk pengembangan bersih. IDE berubah menjadi antarmuka merapat mirip dengan Microsoft Visual Studio.NET. Delphi 8 sangat dikritik untuk kualitas rendah dan fakta yang tidak mungkin lagi untuk membuat aplikasi asli (*. exe). Ketidakmampuan untuk menghasilkan aplikasi asli hanya berlaku untuk rilis ini, seperti kemampuan ditambahkan kembali ke rilis berikutnya (Delphi 2005).

Borland Delphi 2005
Versi berikutnya, Delphi 2005 (Delphi 9, juga Borland Developer Studio 3.0), termasuk Win32 dan pengembangan NET. Dalam IDE tunggal, Borland mengulangi komitmen untuk pengembang Win32. Delphi 2005 meliputi manipulasi desain-waktu data langsung dari database. Namun, itu dikritik oleh beberapa untuk bug tersebut; baik Delphi 8 dan Delphi 2005 memiliki masalah stabilitas ketika dikirim, yang hanya sebagian diselesaikan dalam paket layanan. Kemampuan untuk mengkompilasi aplikasi asli windows (*. exe) ditambahkan kembali ke Delphi 2005 setelah dihapus dalam Delphi 8.

Borland Delphi 2006
Pada akhir 2005 2.006 Delphi (Delphi 10, Borland Developer Studio 4.0) dirilis dan gabungan pengembangan C # dan Delphi.NET, Delphi Win32 dan C + + (Pratinjau ketika ia dikirim tapi punya stabil dalam Service Pack 1) ke dalam IDE tunggal. Ini jauh lebih stabil daripada Delphi 8 atau Delphi 2005 ketika dikirim, dan ditingkatkan bahkan lebih dengan merilis service pack dan hotfix beberapa. CLX dukungan dijatuhkan untuk aplikasi baru dari rilis ini dan seterusnya.
Pada tanggal 8 Februari 2006 Borland mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pembeli untuk IDE dan lini produk database, yang mencakup Delphi, untuk berkonsentrasi pada perusahaan ALM baris.
Pada tanggal 6 September 2006 Developer Tools Group (nama kerja belum berputar perusahaan) Borland Software Corporation merilis versi bahasa tunggal Borland Developer Studio, membawa kembali nama Turbo populer. Rangkaian produk meliputi Turbo Turbo Delphi untuk Win32, Turbo Delphi untuk. NET, Turbo C + +, dan Turbo C #. Setiap versi tersedia dalam dua edisi: Explorer-gratis dan download versi-Professional-a-harga (US $ 899 untuk baru, pengguna US $ 399 untuk update) versi yang lebih rendah yang membuka akses ke ribuan komponen pihak ketiga. Tidak seperti sebelumnya edisi Pribadi dari Delphi, baru edisi Explorer dapat digunakan untuk pengembangan komersial.
Pada November 14, 2006 Borland mengumumkan bahwa daripada menjual alat-alat pengembangan kelompok itu akan spin it off menjadi anak perusahaan mandiri bernama CodeGear .

Codegear Delphi 2007
Delphi 2007 (Delphi 11), versi pertama oleh CodeGear, dirilis pada tanggal 16 Maret 2007. Kepribadian Win32 dirilis pertama kali, sebelum kepribadian BERSIH Delphi 2007 yang didasarkan pada NET Framework. 2.0. Dirilis sebagai bagian dari produk CodeGear RAD Studio 2007. Fitur baru termasuk dukungan untuk MS Membangun dan perangkat tambahan ke Visual Component Library untuk Windows Vista, tapi C # Builder fitur dijatuhkan dalam rilis ini sebagai tempat penjualan tidak setinggi yang diharapkan karena Visual Studio juga menawarkan C #. NET juga dijatuhkan di D2007 karena didasarkan atas bagian dari kerangka NET API. Yang telah berubah begitu drastis oleh Microsoft pada NET 2.0. Bahwa update IDE akan menjadi usaha besar. NET digantikan oleh Delphi Prism , kombinasi yang kompatibel RemObjects sebagian besar kompiler Delphi. NET, Visual Studio Microsofts Shell (versi tanpa C # dan dukungan VB) dan beberapa teknologi Embarcadero seperti dbExpress. Prism adalah cross platform sejauh mampu karena mendukung Mono. Delphi 2007 juga memperkenalkan DBX4 sebagai versi berikutnya dbExpress. Untuk pertama kalinya Delphi bisa di-download dari Internet dan diaktifkan dengan kunci lisensi, kemampuan didukung oleh baru InstallAware teknologi instalasi (sendiri ditulis dalam Delphi, dan sekarang pengiriman dalam terbatas, edisi bebas di dalam kotak dengan Delphi). versi internasionalisasi dari Delphi 2007 dikirim secara bersamaan di Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang. RAD Studio 2007 (kode nama Highlander), yang meliputi NET dan. C + + pengembangan Builder, dirilis pada tanggal 5 September 2007.
Borland CodeGear dijual untuk Embarcadero Technologies pada tahun 2008. Embarcadero adalah mempertahankan pembagian CodeGear diciptakan oleh Borland untuk mengidentifikasi alat dan persembahan database, dan Embarcadero telah memutuskan untuk mengidentifikasi alat-alat sendiri database di bawah moniker DatabaseGear.

Embarcadero Delphi 2009
Delphi 2009 (Delphi 12, kode nama Tiburon), menambahkan banyak fitur baru seperti sepenuhnya ulang dengan VCL dan RTL untuk dukungan Unicode penuh, dan menambahkan generik dan metode anonim untuk pengembangan asli Win32. Dukungan untuk pengembangan NET adalah. Dijatuhkan dari IDE Delphi. Sebuah produk baru, Delphi Prism, adalah ditawarkan untuk pembangunan NET. Di tempatnya. Delphi Prism adalah Visual Studio bahasa plug-in, dan tidak termasuk RTL atau VCL untuk porting kode.

Embarcadero Delphi 2010

Delphi 2010 (Delphi alias 14, dengan kode nama Weaver, nomor 13 itu diabaikan), dirilis pada tanggal 25 Agustus 2009 dan merupakan rilis Unicode kedua Delphi. Ini termasuk compiler baru sistem bisa menghentikan , dukungan untuk Windows 7 2D langsung, layar sentuh dan gerakan, sebuah formatter kode sumber, visualizers debugger dan pilihan untuk juga memiliki komponen palet gaya lama dalam IDE. Sistem bisa menghentikan baru membuat executable lebih besar dari versi sebelumnya.

Embarcadero Delphi XE 

Versi terbaru dari Delphi, Delphi XE (alias Delphi 2011 [9] , dengan kode nama Fulcrum), dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010.

Kegunaan Delphi:
1. Untuk membuat aplikasi pada Windows.
2. Untuk merancang aplikasi berbasis grafis.
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server).
4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet).

Keunggulan Delphi:
  1. Memiliki IDE (integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan terintegrasi yang didalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan programmer untuk membuat sebuah program aplikasi.
  2. Proses kompilasi cepat, pada saat program dijalankan, secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
  3. Mudah digunakan, karena source code Delphi merupakan turunan dari bahasa pemrograman Pascal.
  4. Bersifat multi purpose, artinya bahasa pemrograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
  5. Dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning.

Kekurangan Delphi:

  1. Pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan untuk pertama kalinya.
  2. Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code. Sehingga apabila terjadi perubahan komponen, penamaan maupun kesalahan penulisan kode, program tidak mau membetulkan otomatis.
  3. Apabila terdapat form/list code lain yang di-include-kan, harus dituliskan code/nama dari form/lost code di bagian “uses” dan juga inisialisasi variablenya.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

4 komentar:

Davin Dirgantara mengatakan...

OK

Farid Mahdi mengatakan...

izin minta artikelnya ya bro !!

Ridho All Hafiedz mengatakan...

Terimakasih gan, sangat membantu

aldo sudibyo mengatakan...

mantap gan , izin reshare ya gan :)

Posting Komentar