Gambaran Umum Komputer

on Minggu, 11 November 2012

Pengertian Komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Menurut buku Introduction of Computers (Gordon B Devis);
Computer adalah tipe husus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Dari devinisi yang terbuat dapat di simpulkan bahwa computer adalah
• Alat elektronik
• Dapat menerima input data
• Dapat mengolah data
• Dapat memberikan informasi
• Menggunakan satu program yang tersimpan di memori computer
• Dapat menyimpan perogran dan hasil pengolahan
• Bekerja secara otomatis

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).



Sistem Komputer
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, sehingga perlu didukung oleh elemen- elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.


1.        Hardware
Peralatan yang digunakan untuk melakukan komputasi, termasuk Central Processing Unit (CPU), monitor, keyboard, printer, dan lain-lain.
2.        Software
Program (kumpulan instruksi) untuk menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan komputer. Dulu, penyusunan program (programming) dilakukan dengan menyusun instruksi berupa deretan bilangan biner (0dan1). Sekarang, programming dilakukan dengan cara lebih mudah dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Pascal, C, Basic, dan lain-lain.
3.        Brainware
Setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi:
a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek  pembangunan  sebuah  sistem  informasi  khususnya  yang memanfaatkan computer.
b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.
c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi  dan  program-program  yang  berjalan  pada  sebuah sistem/jaringan computer.
d. Operator : Pengguna  biasa,  hanya  memanfaatkan  sistem komputer yang sudah ada.

Struktur dan Fungsi Komputer


 1.        Input Device (Alat Masukan), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.

2.        Output Device (Alat Keluaran), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

3.        I/O Ports, digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4.        CPU (Central Processing Unit), CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5.        Memori, memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementar waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

6.        Data Bus, adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam system komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8,16,32, atau 64 jalur paralel.

7.        Address Bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16,20,24, atau 32 jalur paralel.

8.        Control Bus, dinakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur parallel.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar