Definisi
Interaksi Manuisa dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Pada saat
ini komputer dapat kita temukan di berbagai tempat seperti Mall, Perpustakaan,
Perkantoran dan tempat lainnya yang berfungsi sebagai alat informasi yang
memudahkan kita mendapatkan apa yang kita butuhkan. Interaksi manusia dan
komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia
dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka
pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi
manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara
interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Ada pula pendapat lain, bahwa Interaksi
manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI)
adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer
agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling
efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan.
Tujuan dari IMK adalah
untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya
sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk
mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility),
ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut
mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Tujuan IMK lainnya, juga mementingkan
tentang user friendly (ramah dengan pengguna), yaitu kemampuan yang dimiliki
software atau program aplikasi yang dapat memberi kepuasan pada pengguna dengan
tampilan yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, agar pengguna selalu
senang setiap kali menggunakan software tersebut.
Dari suatu ilmu pengetahuan tentang
perspektif dari komputer, Maksud dari interaksi dan secara rinci pada interaksi
antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin. Yang
menggontrol sebuah mesin tersebut adalah seseorang, dengan menggunakan suatu
program grafik interaktip yang ada pada suatu stasiun kerja. Disini bisa kita
lihat bahwa ada bermacam-macam arti dengan apa yang dimaksud dengan interaksi,
manusia, dan mesin, Makanya, kita tidak mungkin untuk meniadakan bagian dari
Interaksi Manusia dan Komputer, meskipun demikian kita ingin mengidentifikasi
ruang lingkupnya, serta topik lain yang lebih umum tenteng Interaksi Manusia
dan Komputer.
Selanjutnya, dalam berinteraksi dengan
komputer, para pemakai pertama kali akan berhadapan dengan perangkat keras
komputer. Untuk sampai pada isi yang ingin disampaikan oleh perangkat lunak,
pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik
(keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat
mengoperasikan seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan
dengan macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata
atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau
macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di
atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan
pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai.
Sebab Interaksi Manusia dan Komputer
mempelajari antara suatu manusia dan suatu mesin didalam sebuah komunikasi,
yang mendukung pengetahuan dari kedua-duanya antara sisi mesin dan sisi manusia.
Pada sisi mesin, teknik dalam komputer grafik, sistem operasi, bahasa
programan, dan lingkungan pengembangannya. Sedangkan pada sisi manusia antara
lain, teori komunikasi, disain industri dan grafis, linguistik, ilmu-ilmu
sosial, psikologi, dan tujuan manusia relevan. Dan tentu saja perancangan
sistem dan metoda lain yang sesuai.
Komputer bisa mempengaruhi tingkah laku
seseorang,baik itu disadari maupun tidak disadari oleh seseorang tersebut. Ia
telah membuat informasi lebih mudah untuk diakses. Video game juga telah
merubah perilaku seseorang lebih dari apa pun. Anak-anak yang bermain video
game terlalu berlebihan mulai percaya bahwa apa yang ada didalam permainan itu
adalah benar. Beberapa orang menjadi kecanduan komputer sehingga mereka harus
menggunakannya setiap hari seperti obat. Komputer telah mengubah kehidupan
mereka sehingga mereka dapat menggunakannya sebanyak mungkin.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar